Jurnalistik


Jurnalistik
Halo Semuanya… kali ini saya akan menceritakan tentang sebuah ekskul di SMP Labschool Jakarta. Jadi di smp labschool ini mempunyai banyak sekali jenis ekskul yang dapat diikuti. Salah satunya yang menjadi pilihan saya adalah jurnalistik.
Jadi ekskul Jurnalistik ini dilakukan pada hari Jum’at sepulang sekolah. Ekskul ini akan dilakukan sekitar selama 1,5 jam. Tempat pelaksanaannya adalah dikelas 7F. Nah, pada ekskul ini kita akan membuat majalah yang akan terbit setiap semesternya. Majalah yang akan dibuat adalah majalah Gema.
Jadi, pada ekskul ini kita belajarnya santai tapi serius.
Pada ekskul ini kita jua akan dibina dan diajarkan oleh seorang pelatih. Pada setiap pembuatan majalah kita juga akan memilih pemimpin redaksi dan rekannya. Kita akan membuat majalah yang berkaitan dengan kegiatan sekolah maupun dengan tema yang telah ditentukan.
Biaya untuk melsanakan ekskul ini adalah Rp.400.000 per semester pelajarannya
Apa itu jurnalistik?
Kewartawanan atau jurnalisme (berasal dari kata journal) mempunyai arti catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, dapat juga diartikan sebagai surat kabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.
Di Indonesia, istilah "jurnalistik" dulu dikenal dengan "publisistik". Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Seiring waktu, istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik. Publisistik juga digunakan untuk membahas Ilmu Komunikasi.

Di ekskul ini kita akan dibagi menjadi bagian yang menulis dan yang me-layout. Jadi jika tulisan kita belum bagus akan di revisi dan jika sudah bagus, akan di- layout oleh anak yang bisa me-layout dengan baik.
Jika sudah jadi, majalahnya akan dibagikan kepada orangtua murid saat ambil rapot.

Nah, jadi sekian cerita dari saya semoga bermanfaat

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer